May 12, 2011

Ekspor dan Impor di Indonesia


Bagaimanakah keadaan Ekspor dan Impor yang ada di Indonesia, apakah pengaruhnya? Sebelum membahas hal itu, disini sedikit memberikan penjelasan tentang ekspor dan impor itu sendiri. 

Kegiatan ekspor impor sudah menjadi agenda wajib dalam perdagangan setiap Negara.Kegiatan ekspor impor  sangat penting untuk melakukan pertukaran berupa barang atau jasa.Dengan kata lain,ekspor impor dilakukan untuk menutupi kekurangan ketersediaan  produk suatu Negara.

Ekspor adalah sebuah kegiatan menjual barang maupun jasa pada Negara lain. Sementara itu, impor merupakan kegiatan yang dilakukan sebaliknya.Yaitu,kegiatan membeli barang maupun jasa dari Negara lain.Dengan bahasa yang lebih sederhana,ekspor berarti kegiatan menjual dan impor kegiatan membeli.

Kegiatan ekspor impor dapat menghasilkan pemasukan dari Negara yang disebut devisa. Devisa adalah proses masuknya uang asing kesuatu Negara yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran produk impor barang maupun jasa. Kegiatan ekspor impor tentu saja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menambah devisa. Jika Negara kita merasa kekurangan suatu produk maupun jasa atau memang sama sekali tidak menghasilkan produk tersebut,dilakukanlah kegiatan impor. Sebaliknya,jika Negara kita mampu menghasilkan produk tertentu dalam jumlah melimpah dan dibutuhkan Negara lain,dilakukanlah kegiatan ekspor.Pada dasarnya,kegiatan ekspor impor dapat menguntungkan kedua Negara yang melakukan transaksi atau kerja sama demi pemenuhan kebutuhan rakyat.

Secara keseluruhan,produk ekspor impor dikelompokkan ke dalam 2 jenis,barang migas serta barang nonmigas.Barang migas merupakan barang yang berbentuk minyak bumi dan gas.Produk migas tentu saja diperoleh dari penambangan.Sementara itu,produk nonmigas dihasilkan dari pertanian,perkebunan,perikanan,peternakan,dan hasil tambang yang bukan minyak bumi dan gas.

1.Produk Ekspor Indonesia.
      Komoditi ekspor Indonesia dihasilkan dari  pertanian, perikanan, pertambangan, industry, hutan, dan  jasa. Berikut ini merupakan beberapa   komoditi ekspor Indonesia.
*Hasil pertanian,meliputi kopi,karet,kelapa sawit,lada,kina,teh,coklat,dan tembakau.
      *Hasil hutan,meliputi kayu dan rotan.
      *Hasil perikanan meliputi berbagai ikan yang mayoritas berasal dari laut.
      *Hasil pertambangan,meliputi aluminium,batu bara,emasdan tembaga.
      *Hasil industry meliputi pupuk,pakaian jadi,semen.
      *Produk jasa,meliputi pengiriman tenaga kerja ke Negara lain.
       

 2.Produk Impor Indonesia.
Barang-barang impor yang masuk ke Indonesia pun tidak kalah banyak. Baik yang berupa bahan               baku,bahan modal,dan bahan penolong. Berikut ini merupakan barang-barang yang di impor  di Indonesia.
       *Barang-barang konsumsi,meliputi makanan,minuman,mentega,susu,dagingdan beras.
      *Barang baku industry serta bahan penolong,meliputi bahan-bahan kimia,kertas,obat-obatan,dan serta kendaraan bermotor.


Kemudian apakah pengaruh ekspor dan Impor di Indonesia?
Ekspor impor Indonesia surplus indikator bisnis Indonesia untung? belum pasti. 
Bila ekspor Indonesia barang mentah dan kegiatan impor Indonesia barang jadi maka perdagangan Indonesia export import defisit.

Data ekspor impor Indonesia terbaru naik harus dianalisa. Bila kegiatan ekspor Indonesia naik akibat ekspor bahan mentah maka bisnis Indonesia rugi.

Bila Indonesia ekspor bahan mentah ke luar negeri, bahan mentah Indonesia diproses jadi barang jadi di negara tujuan ekspor, dan kemudian Indonesia impor barang jadi tersebut, apa bisa bisnis ekspor impor Indonesia menjadi bisnis menguntungkan?

Harga bahan mentah pasti lebih murah dari harga barang jadi. Jual barang murah dan beli barang mahal bukan strategi bisnis bagus.

Bisnis ekspor bahan mentah memang lebih menarik, karena profit bisnis cepat dan modal bisnis investasi kecil. Tapi bila eksportir Indonesia jeli maka bahan mentah plus nilai tambah akan hasilkan profit bisnis jangka panjang lebih besar.

Contoh bisnis restoran: harga jual makanan diolah akan lebih tinggi vs harga jual bahan mentah.

Pasar business China plus free trade agreement buka peluang business export import.

Tips bisnis ekspor impor Indonesia: bila bisnis Indonesia mau untung maka eksportir Indonesia harus ekspor barang jadi, jangan export bahan mentah. Indonesia bisnis belum pasti untung walau data surplus Indonesia ekspor impor.





source:
www.investasibisnis.com
www.AnneAhira.com
www.google.com